Kuliner Bogor (Toge Goreng, Lumpia, dan Bakso Boboho)

Suatu minggu pagi dibangunin sohib gue buat renang. Tapi setelah gue cek ternyata di luar masih ujan. Meski udah gak sederes semalem, tapi hawanya terlalu dingin aja buat renang. Akhirnya gue ajak si sohib lawas gue ini ke Bogor buat nyari sarapan dan dia mau.

Gak pake mandi gak pake dandan kita cuss ke bogor. Bermodalkan gadget gue yang canggih ini, gue nyari rekomendasi toge goreng yang enak sesuai permintaan si sohib. Dari sekian banyak rekomendasi akhirnya memutuskan nyobain toge goreng yang ada di depan Swalayan Ngesti. Alasannya, itu yang paling gampang ditemuin. Letaknya diantara Terminal Baranangsiang sama KFC Pajajaran. Pas kita nyampe, abangnya masih siap-siap karena emang bukanya baru jam 10 pagi. Sambil nunggu si abang toge beberes, kita numpang pipis di KFC sebelah Ngesti. Kelar pipis, toge goreng udah siap digelar. Langung pesen tiga porsi buat gue, si sohib, dan pacarnya si sohib. Gue ngambil beberapa gambar waktu si abang nyiapin pesenan kita, but so sorry gambarnya dipegang si sohib. Kurang lebih sepuluh menit pesenan kita datang. Ini pertama kalinya gue makan toge goreng. Komposisi didalemnya ada mie kuning, toge yang direbus, beberapa potong tahu kemudian disiram pake kuah apaan gue gak tau. Tapi kalo sepengamatan gue dan pacarnya si sohib seperti ada tauconya. Jangan lupa tambahin sambel cukup bikin pagi yang basah itu sedikit menghangat. Rasanya krenyes-krenyes. Lumayan buat pengalaman pertama mengenal toge goreng. Konon katanya sih, toge goreng merupakan makanan khas Bogor Kota Hujan. Kelar makan toge goreng, gue penasaran sama lumpia yang dijual disebelah toge goreng. Lumpianya sama kayak lumpia khas Semarang itu. Dijual di gerobakan kaca. Gue nyuruh pacarnya si sohib beli itu lumpia. Soalnya gue udah kenyang jadi maunya nyobain dikit aja. Kita bisa pilih lumpianya mau digoreng dulu sebelum disajiin apa basahan aja. Si pacarnya sohib setuju sama gue untuk pesen tanpa digoreng. Lumpianya disajiin pake kuah seperti gula merah yang dibikin kentel tapi rasanya gak manis. Lumpianya lembut, didalemnya ada ebi dan sayur-sayuran. Nah, yang bikin berasa manis justru dari si lumpia itu sendiri.

Image
Toge Goreng (atas) dan Lumpia (bawah)

Berhubung gue gak terlalu suka manis, gue cuma makan sepotong aja. Sisanya si sohib dan pacar yang makan. Wisata Kuliner Bogor gue gak cuma nyampe sini aja, masih lanjut ke makan siang. pilihan makan siangnya ada di Warung Kita yang di depan Pia Apple Pie atau makan bakso, gue penasaran sama Bakso Boboho. Banyak orang bilang rasanya enak. Bakso ini bisa ditemuin di jl. Bangbarung, Bantar Jati. Di Jalan Bangbarung emang banyak rumah makan. Pilihannya macem-macem juga. Gue konsisten pada bakso boboho. Letaknya di sebelah Batagor Ikhsan yang terkenal itu. Pas gue nyampe emang rame sih. Apa karena jam makan siang apa karena emang enak, gak tau juga. Gue pesen bakso urat sama mie putih.

Image
bakso boboho

Soal rasa, jauh dari ekspektasi gue. Jauh banget. Kirain rasanya enak banget. Biasa aja kok rasanya. Tekstur baksonya lembuuut banget. Kurang kenyal. Kalo masuk mulut cepet ditelennya. Kalo bakso urat biasanya kasar-kasar gitu bukan? Tapi daging sapinya berasa kok. Setidaknya cukup meyakinkan di tengah maraknya bakso babi dan tikus sekarang ini. Overall, gue kasih nilai 7,2 deh. lain kali harus datang ke Bogor buat berburu kuliner. karena selain banyak angkot, Bogor juga bayak punya makanan enak. slurrrpp :p

Leave a Reply

