Top 5 Makanan Sehari-Hari di Karawang

Kurang lebih tiga tahun sudah saya tinggal di Karawang. Tuntutan pekerjaan bikin saya harus jauh dari keluarga dan paruh minggu tinggal di Karawang. Senin-Jumat/Sabtu ngekos, Sabtu-Minggu pulang ke rumah orang tua.

Bagian terberatnya tinggal sendiri adalah soal makan. Saya termasuk orang yang agak picky soal makan apa dan dimana. Bukan kenapa-kenapa, perut saya agak sensitif dengan makanan yang kebersihannya kurang. Padahal kan biasanya makanan yang kurang bersih dan di pinggir jalan itu ena-ena :9. Selain masalah kebersihan, cara memasak makanan pun gak luput jadi masalah memberikan makanan ke perut saya. saya tidak bisa makan makanan yang digoreng menggunakan minyak jelantah berhari-hari. Biasanya gorengan dan beberapa olahan makanan di warteg harus saya hindari. Efeknya apa kalau saya gak memperhatikan pantangan makanan itu? saya pasti langsung sakit. Entah radang tenggorokan. Entah dyspepsia kambuh. Duh ampun kalau dyspepsia dah kambuh. makan salah karena yang dimakan keluar, gak makan lebih salah lagi.

Karena ke-picky-an saya soal makan, selama tiga tahun di Karawang gak banyak warung makan yang jadi langganan saya makan sehari-hari. Kadang suka bete kalau dah masuk jam makan, bingung mau makan apa lagi. Apa reader blog saya ada yang nge-kos di Karawang juga kayak saya? Nah, ini saya punya Top 5 Makanan Sehari-hari versi saya. Sebelumnya mohon maaf kalau belum bisa kasih poto. Karena ini makanan sehari-hari yang kalau dah ada di meja langsung saya makan gak pake dipoto dulu.

  • Ratu Penyet Si Om.

Buat yang suka pedes, Ratu Penyet Si Om juaranya buat makan siang. Lokasinya di Pujasera Tuparev. Menempati dua booth di deretan sebelah kanan Pujasera Tuparev. Tempatnya juga gampang didatangi karena ada di pusat kota. Bagi yang gak tau, Pujasera Tuparev ada setelah kita nyebrangin rel kereta Jl. Tuparev. Persisnya di samping Dunkin Donut. Gampang kan patokannya. Soalnya Dunkin Donut di Karawang kan emang cuma satu =)). Ada apa aja di Ratu Penyet? Ada ayam, bebek, ikan, iga. Kita bisa pilih mau dibakar atau digoreng. Dipenyet atau di tulang lunak. Sambelnya bisa pilih mulai dari gak pedas, sedang, pedas, extra pedas. Kalau saya cukup sampai level pedas supaya gak membangunkan tidur si dyspepsia. Favorit saya ayam tulang lunak dada pake tahu tempe sambal extra pedas. Berapa yang harus saya bayar? Rp 18.000.- saya sudah termasuk es teh manis.

  • Bakmi Susan.

Saya tau bakmi ini dari teman. Karena memang Ci Susan (yang punya) temannya teman saya. Bakmi susan ini mangkalnya pindah-pindah di sepanjang Jalan Tuparev. Tapi terakhir saya makan, Ci Susan mangkal di jalan yang ke arah Taruno. Dari tuparev ambil jalan yang arah ke Taruno/Adiarsa posisinya ada di sebelah kanan jalan sebelum hotel apa yang bangunannya hijau besar itu. Bakmi Ci Susan ini rasanya enak banget dan pork free loh ya. Favorit saya Bakmi ayam pake pangsit rebus plus bakso. Terkadang suka ada tahu atau bakso ikan. Tanya aja sama Ci Susan hari itu ada tahu atau bakso ikannya tidak. Selain bakmi, Ci Susan juga sedia kwetiau dan bihun. Semuanya endesss…Berapa yang harus saya bayar? Rp 15.000 perut sudah kenyang.

  • Nasi Padang Tiga Putra Minang.

Sebenernya gak susah cari nasi padang di Karawang. Tapi yang rasanya bener-bener padang itu susah banget!!! Kebanyakan ya orang karawang yang masak menu makanan padang, bukan orang padang yang masak menu makanan padang. Nasi Padang Tiga Putra Minang ini juga saya tau dari teman kantor. Lokasinya ada di Jalan Kertabumi di sebelah apotik Kimia Farma persis. Jadi kalo reader jalan dari arah Tuparev ke Rs. Bayukarta dan nyari rumah makan ini tapi dah nyampe Rs. Bayukarta gak nemu juga, artinya reader kelewatan. Artinya reader harus mutar balik lagi lewat Niaga-Pertemuan-Tuparev-Kertabumi lagi. Muahahahahaha… Favorit saya disini nasi padang kuah komplit dengan lauk paru atau dendeng balado. Yang saya suka selain masakannya yang padang banget, Putra Tiga Minang jual kerupuk jange (orang jawa bilangnya kerupuk kulit hehehe). Banyak rumah makan padang di karawang yang kalo saya tanya, “Ada jange gak, Da?” dia gak tau masa. Kan Hayati bingung, masa rumah makan padang gak jual jange. Berapa saya harus keluar uang untuk makanan enak ini? Saya lupa berapa seporsi nasi padang kuah dendeng/paru tapi yang jelas gak lebih dari Rp 20.000.-

  • Gado-Gado Toko Baru Tuparev

Di Karawang, makanan semacam gado-gado itu ada lotek dan karedok. Saya gak suka keduanya. Saya tetap cinta gado-gado biarpun dah tiga tahun di Karawang. Mencari gado-gado di Karawang juga gak gampang, karena ya itu, mayoritas jualnya lotek dan karedok. Lalu dimana saya bisa ketemu gado-gado yang pas di lidah saya? Di depan toko baru lah saya menemukan gado-gado enak itu. Yang beli banyak jadi haris antri. Biasanya yang habis belanja di Toko Baru mampir makan disini. Kalau mau makan disini harus nunggu ada tempat kosong karena ramai dan abangnya gak sedia kursi banyak. bisa pakai nasi atau pakai lontong. Favorit saya gado-gado tanpa kol dengan lontong. Berapa harganya? Mon maap saya lupa lagi, tapi setau saya gak sampai Rp 10.000.-

  • Warung Makan Uni

Ini warung makan penyelamat saya kalau lagi tanggal tua. Maklum, anak kosan :p. Warung makan ini adanya di depan Bengkel Yamaha Subur Jl. Pangkal Perjuangan. Tinggal jalan, nyampe deh ke warung uni. Ayam goreng serundeng uni ini enak banget. Uni ini asli padang yang sudah lama tinggal di Karawang ikut suami. Sebenernya agak bingung sama warung makan uni, ada yang bilang ini rumah makan padang. Tapi masakannya kayak warteg. Tapi rasanya kayak masakan padang. Bingung kan? saya juga bingung ampe sekarang. Favorit saya nasi ayam serundeng pake orek tempe dan bakwan jagung. Saya cuma perlu bayar Rp 12.000.- buat makan siang di tanggal yang sedang tua. Hahahahaha..

Itu tadi Top 5 Makanan Sehari-Hari di Karawang Versi Saya. Kalau ada yang mau berbagi versi reader, bisa post di kolom comment. Hatur nuhun….

Leave a Reply

